10 Tips Untuk Desain Kemasan

etelah selesai dengan produk yang baik, maka ada 1 langkah penting yang perlu ditempuh yaitu membuat kemasan yang menarik. Kemasan ini yang akan menjadi salesman anda ketika produk ini didisplay di pasar tradisional atau di pasar modern, selain juga harus mampu menjalankan fungsinya sebagai pelindung produk anda.

Desain Gafis Kemasan
Pastikan penampilan kemasan anda mampu menyampaikan pesan produk anda dengan tepat kepada cusotmer.

 

1. Desainlah kemasan untuk brand anda dan customer anda.

Pikirkan apa yang anda jual dan apa yang mereka akan temukan menggoda dan menarik perhatiannya. Kemasan adalah representasi visual yang menyampaikan apa yang ada di dalamnya, jadi gunakan grafis yang tepat.
Sebagai contoh : produk bayi, harus benar-benar tampil berbeda dengan produk electronik high-tech.

2. Jual dan ceritakan dengan kata-kata yang tepat.

Gunakan susunan kata dan kalimat yang tepat yang dapat menjelaskan kepada customer potensial apa produk tersebut dan mengapa mereka akan membelinya. Dengan cara, tetap sederhana, tidak berlebihan dan terlalu banyak kata-kata atau desain yang terlalu ramai. Anda hanya punya 3-4 detik untuk menarik perhatian customer, jangan buang-buang waktunya.

3. Pilih warna dan huruf dengan hati-hati.

Anda menginginkan kemasan yang eye-catching tetapi tidak norak dan mencolok. Warna-warna harus saling melengkapi dan meningkatkan penampilan produk, tidak saling bertabrakan dan terlalu kontras. Pilih huruf yang berbeda namun mudah dibaca, dan sesuai dengan logo produk. Pertimbankan dan rencanakan grafis yang bisa mengakomodasi item-item berbeda dalam satu line produk.

4. Harus jujur

Apa yang disampaikan di luar harus sesuai dengan apa yang ada di dalam, atau anda akan mengecewakan customer anda dan mereka tidak akan pernah kembali. Anda menginginkan grafis yang menarik, pasti, namun anda juga harus mampu menyampaikan produk dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh oleh customer ketika mereka membuka kemasan.

5. Pastikan desain anda cocok di berbagai tempat.

Ketika tujuan utama dari kemasan anda adalah untuk menarik di rak display, maka hal ini juga  harus memiliki foto produk yang bagus ketika anda jual secara online. Desain kemasan anda mungkin akan direproduksi di iklan koran dan majalah, dan hal ini juga harus sudah dipertimbangkan. Anda boleh menggunakan elemen desain dalam bahan dan perangkat promosi, dan kemasan anda harus tampak bagus di screen komputer dan gadget anda. Desain harus menarik di segala tempat.

Rekayasa Desain Kemasan

Penampilan desain terbaik di dunia tidak akan membantu jika kemasan tersebut tidak mampu melaksanakan tugasnya.
6. Tetapkan kemasan untuk produk anda.

Buatlah praktis dalam bentuk, ukuran, fungsi dan bahan. Pastikan bahwa kemasan ini tahan lama, mudah dibuka, dan mudah dibawa. Jika produknya berat, maka pertimbangkan hendlingnya dan cara lain agar customer bisa membawanya dengan lebih mudah. Jika produknya adalah item yang high-end, customer akan mengharapkan kemasan yang mampu menunjukkannya.

7. Buatlah Kemasan Yang User Friendly.

Buat kemasan yang mudah dibuka. Pikirkan bagaimana item tersebut akan digunakan sebelum memulai melakukan desain kemasan. Jika produk anda cair, maka buatlah kemasan yang mudah dituangkan. Jika produk tidak sekali pakai, maka buatlah kemasan yang bisa ditutup kembali.

8. Pertimbangkan Lingkungan dan Echo Friedly (Ramah Lingkungan)

Beberapa customer berhenti menggunakan produk hanya karena kemasan yang berlebihan. Besar tidak berarti lebih baik, jadi abaikan penambahan lapisan pada tas, carton box dan plastik. Desain sebuah kemasan yang melindungi produk tanpa kelebihan waste.

9. Mewadahi dan Melindungi Produk.

Keamanan produk adalah tugas utama dari kemasan, terutama produk makanan. BPOM memiliki aturan yang ketat untuk kemasan yang mampu meningkatkan keamanan dan melindungi terhadap kerusakan. Produk perlu dikemas untuk traveling dan harus tetap segar. Kemasan anda harus melindungi produk anda aman dalam distribusi dan penyimpanan.

10. Buatlah bisa ditumpuk dan disimpan.

Seorang retailer mungkin membutuhkan kemasan yang yang bisa ditumpuk di rak display di tokonya atau di gudang, jadi beberapa kemasan yang tidak umum bentuknya bisa sangat mengganggu. Pikirkan bagaimana produk tersebut bisa didisplay dengan baik juga.

Demikian apa yang bisa saya share kepada teman-teman UMKM produsen dan teman-teman desainer grafis untuk membangu peningkatan desain kemasan produk UMKM agar bisa besaing dengan produk industri. Semoga bermanfaat.

Categories: Potensi Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.