Akademisi Ingatkan Pentingnya Benahi Rantai Distribusi Sembako

Akademisi Ingatkan Pentingnya Benahi Rantai Distribusi Sembako

Akademisi Ingatkan Pentingnya Benahi Rantai Distribusi Sembako

Purwokerto, ANTARA JATENG – Pemerintah perlu memperhatikan rantai distribusi kebutuhan pokok agar dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi lonjakan harga, kata Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Kiky Srirejeki.

“Rantai distribusi perlu diperhatikan. Sebisa mungkin rantai distribusi tidak terlalu panjang karena akan mempengaruhi harga,” katanya di Purwokerto, Jumat.

Sementara itu, dia juga menambahkan bahwa pengelolaan ketersediaan barang juga bisa dilakukan dengan berbagai upaya.

“Pertama, mengoptimalkan perdagangan antardaerah misal satu daerah surplus beras, atau surplus cabai, bisa dijual ke daerah lain dan seterusnya jadi bisa tanpa impor,” katanya.

Kedua, melakukan pemantauan dan atau pengawasan ketersediaan stok di gudang atau pelabuhan.

Ketiga, kata dia, menyediakan dan mengoptimalkan sarana distribusi.

“Keempat, melakukan koordinasi dengan menteri atau kepala lembaga pemerintah nonkementerian, terkait penyediaan moda transportasi,” katanya.

Kelima, melakukan koordinasi dengan menteri atau kepala lembaga pemerintah nonkementerian, terkait penyediaan stok atau cadangan barang kebutuhan pokok tertentu yang dikuasai Pemerintah.

Dengan pengelolaan yang optimal, kata dia, akan memperlancar distribusi bahan pokok, terutama dalam mengantisipasi cuaca yang kurang bersahabat.

Dengan demikian diharapkan kebutuhan bahan pokok menjelang akhir tahun, dapat terdistribusi secara baik ke seluruh daerah.

Sumber Berita

Categories: News

Leave A Reply

Your email address will not be published.