Andang Terpilih Pimpin Kadin Jepara

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jepara menggelar Musyawarah Kabupaten (Mukab) IV di Pendapa Kabupaten Jepara, Jumat (23/3). Andang Wahyu Triyanto terpilih sebagai ketua baru setelah terpilih secara aklamasi.

Andang memang menjadi calon tunggal ketua Kadin Jepara. Setelah dibuka pendaftaran pada 15-21 Maret, hanya diikuti oleh Andang yang juga pengurus pusat Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) itu. Dari 104 anggota Kadin yang memiliki hak suara, sebanyak 80 anggota yang hadir menyatakan memilih Andang sebagai ketua baru.

Setelah terpilih, Andang menjanjikan akan menjadikan Kadin Jepara lebih kuat dan maju dalam organisasi, serta menjadikan Kadin sebagai organisasi aspirasi yang makin memberi manfaat bagi masyarakat Jepara. ”Saya akan menyatukan kepala dan membawa Kadin jauh terbang ke atas. Ini yang bisa menjadikan Kadin Jepara kuat. Selain itu, tentu akan membawa Kadin sebagai wadah para pengusaha. Sehingga para pengusaha sebagai sumbu kemajuan Jepara, Jateng, dan Indonesia,” katanya.

Anggota Formatur

Sebagai tugas awal, Andang yang secara otomatis menjadi ketua formatur menunjuk sejumlah anggota formatur. Di antaranya Anas Arbaani, Masykur Zainuri, Kibtiyah, dan Ahmad Rifai. Mukab diikuti oleh 150 peserta baik dari anggota Kadin Jepara, serta sejumlah asosiasi usaha.

Mukab juga dihadiri pengurusa Kadin Provinsi Jateng serta perwakilan dinas terkait Kabupaten Jepara. Anas Arba’ani mewakili karteker Ketua Kadin Jepara menjelaskan, usai ditunjuk, karteker Kadin Jepara sudah dijalankan prosesi persiapan Mukab Kadin sesuai dengan aturan yang ada, yakni sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin.

Mukab yang diiringi sejumlah rapat komisi itu telah mencapai kuorum karena dihadiri 80 anggota Kadin dengan kartu anggota yang masih aktif. Jumlah itu lebih dari separuh dari pemilik kartu tanda anggota (KTA) yang berjumlah 104 anggota.

Bupati Jepara yang diwakili Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara, Trisno Santosa mengatakan, Mukab merupakan langkah strategis. Sebab sebagai wadah untuk evaluasi atas keberhasilan dan kekurangan pengurus lama untuk perbaikan ke depan. ”Diharapkan dengan Mukab ini arah organisasi lebih tertata. Kita harapkan pula pengurus baru yang menjalankan amanat dan sesuai visi dan misi. Mengedepankan kepentingan organisasi dan masyarakat,” kata Trisno.

Dia juga berpesan agar pengurus baru bisa merumuskan kegiatan untuk menggerakkan Kadin yang lebih maju dengan agenda yang sesuai dengan zaman. Dikatakan, sektor industri mengalami pertumbuhan yang pesat. Tahun 2016 ada 19 ribu lebih industri. Tahun 2017, ada 19.400 industri. ”Nilai ekspor juga terus meningkat. Tren pertumbuhan ini kami harapkan dapat disambut oleh Kadin. Kami harap terus ada hubungan kemitraan antara Kadin dan Pemkab,” kata Trisno. (adp-55)

Suaramerdeka.com )

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.