Data SE 2016 Lanjutan di Jateng Capai 80 Persen

Sensus Ekonomi (SE) 2016 lanjutan yang diselenggarakan bulan Agustus sampai September 2017 di Jawa Tengah sudah mencapai 80 persen yang mendata secara detail Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Besar (UMB).

Kepala BPS Jawa Tengah Margo Yuwono mengatakan capaian 80 persen tersebut didapat dari sampel 253.956 usaha yang terdiri dari 218.921 UMK dan 35.035 UMB.”Harapannya di akhir bulan ini bisa dikejar karena ada beberapa kendala,” katanya saat rapat koordinasi pemanfaatan data SE lanjutan sebagai indikator strategis dari perspektif jurnalis di Semarang, Senin (25/9).

Kendala tersebut lanjut Margo dikarenakan ada UMB yang hanya bisa memberikan data secara lengkap di kantor pusat di Jakarta serta ada beberapa perusahaan yang tidak mau memberikan datanya karena takut dihubungkan dengan perpajakan.

BPS Jawa Tengah juga memasilitasi usaha yang tidak mempercayai petugas sensus untuk datang langsung mendata, bisa menggunakan aplikasi online sehingga pengusaha bisa langsung menginput data-datanya. Sedangkan untuk UMK hampir 100 persen terdata dan tidak mendapatkan kendala.

“Skema ini sudah dibangun tapi memang kami harus terus mensosialisasikan manfaat data ke pelaku usaha,” jelasnya.

Jika dipetakan dari hasil listing SE 2016 terdapat 98,98 persen atau 4.131.727 UMK dan 1,02 persen atau 42.482 UMB yang ada di Jawa Tengah dari totalĀ  4,17 juta usaha yang menunjukkan kekuatan ekonomi Jawa Tengah berada di UMKM.

Margo menegaskan produk UMKM menjadikan isu menarik untuk dikembangkan di Jawa Tengah. Ia mencontohkan adanya pembangunan infrastruktur jalan tol dari Jakarta sampai Surabaya yang melewati Jawa Tengah seharusnya bisa melibatkan UMKM di rest area bukan untuk usaha pemodal besar saja.

“Nantinya jika data-data itu semua diringkas analisisnya kita akan tahu UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Jawa Tengah persoalnya besar apa, prospeknya dan apa yang dilakukan pemerintah dalam kerangka mengembangkan UMKM,” tuturnya.

(Cun Cahya /SMNetwork /CN38 )

Categories: Business

Leave A Reply

Your email address will not be published.