Hadapi Tahun Politik, Pengusaha Tak Perlu Khawatir

 

Hadapi Tahun Politik, Pengusaha Tak Perlu Khawatir
19 December 2017 03:34
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani memastikan para pengusaha optimistis peluang usaha di 2018 tetap mengalami peningkatan, meskipun masuk dalam tahun politik.
Rosan menyebutkan ada beberapa faktor yang menunjang optimisme para pengusaha, yang pertama adalah masyarakat yang dianggap telah lebih dewasa dalam menghadapi tahun politik dan kebijakan negara-negara asing yang dianggap berpotensi bagi pelaku usaha.
 
“Banyak negara yang merevisi pertumbuhan ekonomi, negara yang meningkatkan target pertumbuhan ekonominya seperti Amerika Serikat, dan China, sehingga memberikan dampak positif ke Indonesia,” tutur Rosan.
 
Selain itu, optimisme tersebut juga didukung oleh perbaikan harga komoditas yang dianggap dapat meningkatkan nilai ekspor.
 
“Suka tidak suka ekspor kita masih banyak dibantu oleh komoditas,” ucap Rosan.
 
Poin lainnya adalah daya beli masyarakat yang diprediksikan akan meningkat karena adanya program dana desa senilai Rp 127 triliun yang digagas Presiden Joko Widodo.
 
“Dana desa membantu infrastruktur desa dan meningkatkan daya beli masyarakat, selain itu dana desa juga akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja di desa,” pungkas Rosan.
 
Dia juga mengatakan, tahun politik membawa dampak positif baik UMKM, khususnya pelaku usaha konveksi yang memproduksi berbagai macam atribut, begitu juga untuk sektor-sektor jasa lainnya seperti catering, periklanan, perhotelan, hiburan dan MICE. (Ri)

Source link

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.