Kadin Buka Layanan Konsultasi Hukum

Para pelaku usaha, termasuk anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah (Jateng) diminta untuk mengoptimalkan pemanfaatan layanan Klinik Hukum Kadin yang digelar selama ”Central Java Expo” atau ”Pameran Produk Unggulan Jateng” di Mal Paragon Semarang, pada 1-5 November ini. Stan untuk konsultasi hukum, khususnya bagi masyarakat pelaku bisnis itu merupakan layanan gratis selama lima hari pameran yang digelar Kadin Jateng tersebut.

Ketua Lembaga Hukum Kadin Jateng, Saksono Yudiantoro mengungkapkan, kerja sama pendampingan hukum itu dilakukan sebagai upaya Kadin Jateng untuk melindungi para pelaku usaha supaya bisa menjalankan bisnisnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ”Kami bekerja sama dengan asosiasi advokat dan juga dengan Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) Pemuda Pancasila,” kata Saksono di sela-sela pameran ”Central Java Expo” di Mal Paragon, Rabu (1/11).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Lembaga Hukum Kadin Jateng, Kairul Anwar menambahkan, seringkali terjadi permasalahan di mana ada keluhan pengusaha yang mendapat tekanan dari lembaga tertentu dalam tanda kutip. Pendampingan yang dilakukan ini sekaligus bisa menjadi edukasi terhadap kemungkinankemungkinan yang bisa terjadi selama menjalankan usahanya.

”Kondisi ekonomi bisa naik turun, kadang lesu mungkin risiko dipailitkan. Banyak istilahistilah yang masih belum dipahami para pelaku usaha ini, misalnya mau di PKPU-kan, bagaimana penyelesaiannya, kami dari lembaga hukum Kadin siap untuk mengawal,” papar Kairul.

Sementara itu, Ketua BPPH Pemuda Pancasila Jateng, Dwi Nuryanto menjelaskan, konsultasi hukum tersebut merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan untuk mendampingi para pelaku bisnis.

Dengan adanya konsultasi seperti itu paling tidak pengusaha tidak akan mengalami kekhawatiran terhadap regulasi dan aturan soal legalitas. ”Mereka akan merasa nyaman dan tenang karena di-back up. Sudah disiapkan 30 advokat yang dibagi dalam beberapa shift mengingat mereka ini ada tugas sidang dan sebagainya,” ujar Dwi

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.