Kadin Buka Pameran Produk Kreatif

Para pencinta batik dan beraneka produk kreatif bisa memanfaatkan momentum berburu produk pada pameran ’’Finance & UMKM Expo Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng’’di atrium Mal Ciputra, Semarang, berlangsung hingga 5 Maret mendatang. Tak hanya menikmati kreasi batik, tenun dan produk fashion yang beberapa di antaranya kreasi desainer ternama Kota Semarang.

Para pengunjung juga bisa menukar pecahan rupiah di stan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jateng di jam-jam tertentu. Puluhan stan itu menawarkan beragam kreasi batik, tenun dan aneka produk fashion, serta pernak-pernik menarik sebagai pelengkap. Yang menarik, stan dari PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) juga menjual logam mulia yang bisa dengan mudah dibeli untuk investasi.

Selain itu lembaga keuangan seperti bank perkreditan rakyat (BPR) juga turut mewarnai pameran. Kemudian berbagai usaha mitra binaan seperti Pertamina, juga PLN tak ketinggalan memamerkan berbagai produk unggulannya.

Fasilitasi Dunia Usaha

Wakil Ketua Umum Keuangan dan Pasar Modal Kadin Jateng, Pujiono mengungkapkan, lembaga keuangan yang ikut serta dalam pameran itu juga membantu memfasilitasi dunia usaha supaya lebih mudah dalam mengakses permodalan.

Omzet selama pameran sebelumnya juga memberikan hasil menggembirakan sekitar Rp 10 miliar-Rp 15 miliar bagi lembaga keuangan dan kisaran Rp 1 miliar-Rp 2 miliar bagi pelaku UMKM. ’’Kita harapkan bisa naik sekitar 10?ri pelaksanaan sebelumnya. Ada 48 peserta yang bisa saling bersinergi dan tentu saja memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM yang ikut dalam pameran ini,’’ ujar Pujiono di sela-sela pembukaan pameran di atrium Mal Ciputra, Semaramg, kemarin.

Hadir pula dalam acara itu Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Jateng, Dian Nugroho. Menurut Pujiono, pameran tersebut juga salah satu bentuk strategi pemasaran sekaligus survai pasar, menguji seberapa besar diterima oleh konsumen. Selain itu bisa melihat strategi pesaing dalam memasarkan produknya. Bahkan pengunjung juga bisa datang untuk mencari partner bisnis di mana akan menimbulkan multiplier effect.

Sekda Jateng, Sri Puryono yang membuka pameran itu menilai, Kadin memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan performa UMKM di Jateng. ]Dikatakan, berbagai instrumen yang ada di dalam Kadin seperti EduKadin juga dioptimalkan untuk menggembleng pengusaha di Jateng supaya bisa berekspansi mengembangkan usahanya.( SM )

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.