Liburan, Distribusi Barang di Solo Dipastikan Berjalan Lancar

Liburan, Distribusi Barang di Solo Dipastikan Berjalan Lancar

Liburan, Distribusi Barang di Solo Dipastikan Berjalan Lancar

Solo, ANTARA JATENG – Pemerintah Kota Solo memastikan distribusi pangan berjalan lancar jelang libur akhir tahun Natal dan tahun baru.

“Biasanya saat akhir tahun konsumsi masyarakat akan meningkat, kami berupaya mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Subagiyo di Solo, Kamis.

Ia mengatakan Pemkot Solo melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus aktif melakukan pengawasan mulai dari sisi aturan, gejolak harga, hingga ketercukupan barang di pasaran. Ia mengatakan ketiga hal ini saling terkait, sehingga ketika ada masalah di salah satunya akan berdampak kepada yang lain.

“Tindakan kami untuk memastikan tiga hal ini berjalan dengan baik dan tidak ada masalah adalah satu bulan sekali kami mengadakan pertemuan. Tujuannya untuk mengevaluasi tiga hal tadi. TPID kan terdiri dari banyak instansi yang terlibat dalam pengamanan komoditas pokok, jadi bisa langsung koordinasi,” katanya.

Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, pihaknya akan melakukan sidak lapangan dan dilanjutkan operasi pasar jika diketahui mekanisme perdagangan di pasaran berjalan di luar kewajaran.

“Ini sudah menjadi aturan, termasuk bagaimana barang ini bisa sampai ke konsumen. Kami lihat alurnya di lapangan, misalnya barang itu bukan dari pabrik langsung ke konsumen, tetapi harus melalui distributor. Ini juga harus dipastikan berjalan dengan baik,” katanya.

Sedangkan dari sisi harga, dengan melakukan sidak pihaknya akan mengetahui bagaimana harga barang yang berlaku di pasaran, sebagai contoh adalah elpiji. Ia mengatakan harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk elpiji subsidi ukuran tabung 3 kg adalah Rp15.500/tabung.

Jika dalam sidak tersebut diketahui ada pangkalan yang merupakan jalur resmi penjualan elpiji 3 kg menjual dengan harga Rp16.000/kg akan langsung diberikan teguran. Dalam hal ini pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, khusus untuk elpiji pihaknya berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero).

Sementara itu, terkait dengan cuaca buruk, Subagiyo mengatakan sejauh ini kondisi pasar masih cukup aman. Kalaupun ada kenaikan harga sifatnya tidak signifikan sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Meski demikian, pihaknya terus melakukan pengawasan untuk sewaktu-waktu siap melakukan operasi pasar jika harga naik tidak terkendali.

“Salah satu yang kami lakukan adalah akan melakukan operasi pasar, merata di lima kecamatan di Kota Solo. Ini belum pasti dilakukan, menunggu perkembangan kondisi di lapangan,” katanya.

Sumber Berita

Categories: News

Leave A Reply

Your email address will not be published.