Lima Sektor Industri Diprioritaskan Kadin Kota Pekalongan

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Pekalongan memetakan lima sektor industri prioritas yang akan digarap hingga lima tahun mendatang. Kelima sektor tersebut meliputi batik dan handycraft, perikanan dan kelautan, pariwisata, perdagangan dan jasa, serta keuangan. Hal itu disampaikan Ketua Kadin Kota Pekalongan, Nanggolo Mulyowaniaji pada rapat kerja (raker) Kadin Kota Pekalongan di Hotel Dafam, Sabtu (14/5).

Raker tersebut bertema ”Memperkuat Sinergi untuk Maju Bersama”. Nanggolo mengatakan, setelah pengurus Kadin Kota Pekalongan dilantik pada 20 April lalu, dia bertemu dengan sejumlah instansi.

Di antaranya Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop dan UKM) Kota Pekalongan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan, serta Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Pekalongan.

Menurut Nanggolo, setelah vakum selama dua tahun, kiprah Kadin Kota Pekalongan sudah dinanti. ”Mereka menunggu kiprah Kadin karena dua tahun vakum,” terangnya.

Kerja Sama Dari pertemuan dengan beberapa instansi tersebut, lanjut dia, membuka peluang kerja sama Kadin Kota Pekalongan dengan instansi tersebut. ”Banyak kegiatan yang bisa disinkronkan dengan Kadin.

Di antarannya, Dindagkop dan UKM Kota Pekalongan menawarkan kerja sama dalam penyelenggaraan seminar tentang kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) untuk IKM di Kota Pekalongan,” kata Nanggolo. Dia menambahkan, Gapensi juga menawarkan kerja sama.

”Kadin Kota Pekalongan akan meningkatkan sinergi dengan pemerintah di bidang perdagangan, perindustrian dan jasa,” katanya. Dalam raker tersebut, masing- masing bidang memaparkan rencana program kerja yang akan dilaksanakan.

Bidang Koperasi, UKM dan Ekonomi Kreatif misalnya, merencanakan pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa bersinergi dengan perguruan tinggi. Karena itu, dalam waktu dekat, Kadin akan mengadakan ”Kadin Goes to Campus” untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi para mahasiswa.

Raker tersebut juga berhasil merumuskan rencana kerja satu tahun dan lima tahun ke depan yang akan disinergikan dengan mitra Kadin seperti Pemerintah Kota, perbankan, BUMN/- BUMD, dan asosiasi pengusaha yang lain. ”Dengan meningkatkan sinergi, diharapkan hasil yang dicapai akan lebih optimal,” harap Nanggolo.

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.