Target CSHP Bulog Kedu Capai 40 Persen

Target CSHP Bulog Kedu Capai 40 Persen

Magelang, ANTARA JATENG – Penyerapan beras cadangan stabilitas harga pangan (CSHP) Bulog Subdivre Kedu, Jawa Tengah, saat ini baru mencapai 4.407 ton atau sekitar 40 persen dari target 11.000 ton.

“Target CSHP Subdivre Kedu semula 12.000 ton, kini turun menjadi 11.000 ton, namun kami hingga saat ini baru bisa menyerap beras petani 4.407 ton,” kata Kepala Subdivre Bulog Kedu Sony Supriyadi di Magelang, Kamis.

Menurut dia kendala dalam penyerapan beras petani saat ini adalah tingginya harga beras di pasaran yang mencapai Rp9.700 hingga Rp9.800 per kilogram. Padahal, harga beras dalam CSHP hanya dipatok Rp8.030 per kilogram.

Ia menuturkan meskipun agak berat dalam memenuhi target penyerapan beras, pihaknya tetap berupaya untuk memenuhinya.

Ia mengatakan penyerapan beras hingga saat ini terus berjalan, meskipun setiap gudang belum tentu bisa melakukan penyerapan setiap hari.

Ia menyebutkan beberapa daerah yang masih bisa menyerap beras/gabah, yakni Wonosobo, Temanggung, Magelang, dan Purworejo. Sedangkan untuk Kebumen untuk sementara belum karena kadar air beras di daerah tersebut terlalu tinggi.

Kepala Gudang Bulog Temanggung, Ikhsan Kharisma mengatakan dalam program CSHP ini pihaknya mendapatkan jatah penyerapan beras sebanyak 400 ton hingga akhir tahun.

Ia menyebutkan dari target tersebut saat ini baru mampu menyerap 200 ton.

“Kami tidak bisa menyerap beras setiap hari, seminggu kadang hanya dua kali beras masuk. Kalau dirata-rata setiap hari beras yang bisa diserap kurang dari 10 ton,” katanya.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Antaranews

Categories: News

Leave A Reply

Your email address will not be published.