Tarif Tol Turun, Jalan Arteri Primer Tetap Harus Tersedia

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi langkah pemerintah yang memberikan penurunan tarif tol bagi angkutan logistik.
Meski demikian, Wakil Ketua Umum Kadin bidang Perhubungan Carmelita Hartoto mengingatkan bahwa tol merupakan opsi pilihan yang jika dilalui, maka pengguna akan jauh merasakan efisiensinya. Untuk itu, dia berharap agar keberadaan tol dan kemurahan tarifnya tidak mengesampingkan pembangunan jalan utama sehingga jalan tersebut tetap bisa berfungsi.
 
“Salah satu fungsi jalan primer harus tetap berjalan lancar, khususnya pada area asal dan tujuan tertentu,” kata dia (27/3/2018).
 
Carmelita juga berharap pemerintah bisa menyediakan jalan arteri primer, yang diperuntukkan bagi lalulintas dan tidak mengganggu lalulintas lokal. Keberadaan jalan arteri primer diyakini bisa menjamin kelancaran angkutan logistik.
 
“Perlu ketegasan terkait tersedianya jalan arteri (tidak berbayar) yang digunakan sebagai jalan raya primer untuk menjaga kelancaran angkutan. Jika untuk sementara waktu untuk membangun jalan, dipakai skenario tol boleh saja, asal ide lalu lintas menerus tetap terjaga,” pungkas dia.

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.