Woow!! Kopi Ini Bisa “Mencuri” Aroma Tanaman di Sekitarnya!


woow-kopi-ini-bisa-mencuri-aroma-tanaman-disekitarnya

Biji Kopi Jawa

woow-kopi-ini-bisa-mencuri-aroma-tanaman-disekitarnya

Biji Kopi Jawa

Sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia, bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki beragam jenis kopi. Dengan lebih dari 16.000 pulau, hampir setiap daerah memiliki jenis kopi khasnya masing-masing. Salah satu jenis kopi asli Indonesia yang sudah sangat dikenal di masyarakat adalah kopi Jawa. Kopi jawa tidak hanya populer di kalangan masyarakat Indonesia saja, tapi sudah sangat terkenal di dunia, bahkan sejak zaman Belanda masih menduduki Indonesia. Kopi jawa sendiri memiliki begitu banyak jenisnya, salah satu yang sangat istimewa adalah kopi Java Pancur.

Kopi Java Pancur adalah jenis kopi arabika yang saat ini banyak di tanam di dataran tinggi Ijen di Jawa timur. Seperti Kopi pada umumnya, wilayah dataran tinggi dengan suhu sejuk sangat cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan kopi Java Pancur ini.

kopi-indonesia

Dizaman sekarang, kopi Java Pancur mungkin belum banyak dikenal orang seperti jenis-jenis kopi jawa yang lain. Padahal kopi Java Pancur sudah memiliki pengakuan dari Specialty Coffee Association of America (SCCA). Luar biasa!. Hal ini memang sangat disayangkan, mengingat eksistensi kopi Java Pancur di Indonesia juga sudah sangat lama, yaitu sudah sekitar 300 tahun.

Kopi Java pancur mulai dikembangkan ketika Verenige Oost Indische Compagnie (VOC) membawa bibit ini pada tahun 1699. Yang menarik, jenis kopi Java Pancur ini awalnya ditanam di Jakarta lo!, tepatnya ditanam di daerah Bidara Cina, Jatinegara, Palmerah dan Kampung Melayu.

Karakter rasa dari kopi Java Pancur

Kopi yang sekarang menjadi kopi khas dari Jawa timur ini memiliki rasa yang sangat istimewa. kopi Java Pancur ini memiliki cita rasa yang sangat khas, yaitu  perpaduan antara rasa pahit yang bercampur rasa manis dan asam. Aroma dari kopi ini juga sangat harum dan memiliki aroma tumbuhan.

jawa-pancur-copy

Kopi Java Pancur – diKemas

Yang membuat kopi Java Pancur ini menjadi super istimewa adalah aroma dari kopi biasanya dipengaruhi jenis tanaman lain yang tumbuh di sekitarnya!. Apabila kopi pancur di tanam di daerah yang banyak terdapat rempah rempah, nantinya kopi juga akan memiliki aroma yang khas dan bercampur dengan aroma rempah rempah. Dari satu jenis kopi, anda bisa menemukan rasa dan aroma kopi yang berbeda beda. Wow!!. Jadi jika anda ingin kopi dengan aroma tertentu, cukup menanam tanaman yang anda kehendaki disekitar kopi Java Pancur ini!. Unik sekali bukan?.

Banyak yang mengatakan jika kopi Java Pancur ini dapat membantu penikmatnya untuk merasakan ketenangan. Sehingga penikmat kopi ini banyak menjadikannya sebagai minuman relaksasi yang dapat mengembalikan semangat beraktifitas.

Kopi Java Pancur memiliki potensi yang sangat luar biasa. Selain sudah diakui dunia, kopi Java Pancur juga memiliki keunikan yang sangat luar biasa, yang sangat jarang dimiliki kopi-kopi jenis lain. Memang sangat disayangkan kopi yang sudah sangat lama eksis di Indonesia ini kurang populer dimasyarakat. Ini tugas kita bersama untuk terus mendukung perkembangan industri kopi Indonesia agar semakin maju. Caranya?. Kurangi konsumsi kopi asing, perbanyak konsumsi kopi lokal!.



Source link

Categories: Peluang Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.