Uncategorized

Inggris ‘kasengsem’ Potensi Jawa Tengah, Kadin Jateng siap Kerja Sama

Inggris ‘kasengsem’ Potensi Jawa Tengah, Kadin Jateng siap Kerja Sama

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr. Owen Jenkins ‘kasengsem’ (tertarik) dengan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Tengah. Hal ini disampaikan secara langsung kepada Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Harry Nuryanto Soediro yang turut didampingi oleh para pengurus Kadin Jawa Tengah, di Royal Gombel Golf Semarang, Selasa (17/1/2023).

Suasana Diskusi Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Harry Nuryanto Soediro (Baju Putih) bersama dengan Duta Besar Inggris Mr. Owen Jenkins. 17/1/2023.

Menurut Owen, Jawa Tengah memiliki potensi besar untuk berkembang lebih cepat dan lebih kuat. Ia juga menyampaikan, di tingkat nasional, pihaknya baru-baru ini membuat kesepakan untuk investasi perdagangan.

“Inggris sedang melakukan pekerjaan luar biasa dengan Jawa Tengah dalam berbagai bidang. Mulai dari transportasi berkelanjutan, pendidikan, pembangunan perkotaan, energi terbarukan, kesehatan, digital, dan teknologi,” katanya.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng siap menjadi mitra strategis dalam pengembangan bisnis, perdagangan, investasi, promosi, pariwisata, dan kerja sama yang menguntungkan antara Jateng dengan Inggris.

Menurut Ketua Umum Kadin Jateng, Harry, selama ini Jateng memiliki kerja sama cukup besar dengan Inggris yang menempati pada urutan ke-52. ”Melihat potensi yang ada di Jateng maka perlu diintensifkan dan dioptimalkan. Sehingga pertemuan ini menjadi titik awal dari kerja sama untuk ke depannya,” kata dia.

Beberapa produk unggulan dari Jawa Tengah yang diekspor ke Inggris, diantaranya perhiasan, permata, mainan, plastik, bulu angsa, barang dari kulit, perabot rumah tangga, alas kaki, kayu, dan barang rajutan. dan selain itu terdapat produk potensial lainnya antara lain: bahan kimia, kendaraan, tutup kepala, perangkat optik, gula, dan kembang gula. Kemudian minyak, kosmetik, benda dari batu, semen, olahan dari sayur, dan olahan buah.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan, Jawa Tengah memiliki sisi investasi yang sangat kondusif. Dengan iklim kondusif itu, tentunya pertumbuhan ekonomi akan semakin baik dan terus meningkat,” katanya.

Untuk mendukung semua itu, lanjut dia, pihaknya juga menyiapkan SDM yang kompeten dan kompetitif. “Kita siapkan SDM dengan pelatihan. Pemerintah Jawa Tengah juga memberikan kemudahan dalam perizinan dan infrastrukturnya,”.

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah (Kiri) menyerahkan Cinderamata kepada Dubes Inggris, Mr. Owen Jenkins (Kanan)

Share this post

About the author

Leave a Reply

%d bloggers like this: