Advan Siapkan Investasi Rp 1 Triliun

Pabrik ponsel nasional Advan menyiapkan dana investasi Rp 1 triliun untuk pengembangan, termasuk perluasan pabrik di Kawasan Industri Candi Kota Semarang 3 hektare untuk menambah kapasitas produksi dua kali lipat. Marketing Director Tjandra Lianto mengungkapkan saat ini pabrik seluas 15.000 m2 berkapasitas produksi 30 ribu unit per hari dengan delapan line di ruang utama.

Ada seribu karyawan, mayoritas lokal diserap oleh merek nasional dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 35,45 persen itu. ’’Pengembangan pabrik bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak serta mendorong perekonomian dan investasi di Jateng, khususnya Kota Semarang.

Dalam jangka panjang kami ingin mewujudkan era kebangkitan industri ponsel pintar dalam negeri,’’ papar dia saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Senin lalu.

Kebanggaan

Rudiantara mengatakan Advan menjadi kebanggaan nasional karena salah satu dari 11 merek ponsel yang diproduksi di Indonesia. Saat ini, jumlah merek ponsel dan tablet berunsur TKDN serta memenuhi syarat ada 43; 11 di antaranya merek nasional. Sudah tersertifikasi dan memenuhi TKDN 30 persen selama 2017-14 Februari 2018 ada 294 model perangkat. ’’Kami pertemukan juga mitra Go-Jek dengan Advan, karena kebutuhan ponsel murah dengan kualitas dan spesifikasi tinggi sangat diperlukan untuk kebutuhan online setiap hari. Potensi pasarnya luar biasa hanya dengan mitra ojek online,’’ ujar Rudiantara.

Ia meminta perusahaan telekomunikasi membangun dan memperkuat sinyal hingga ke pelosok Tanah Air. Pabrik pun terus didorong agar bisa menyediakan ponsel murah 4G untuk memperluas penetrasi di pasar domestik.

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/90664/advan-siapkan-investasi-rp-1-triliun

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.