Berani Cobain Bisnis Kuliner Unik Bakpau Labu Kuning?


Daftar Isi

berani-cobain-bisnis-kuliner-unik-bakpia-labu-kuning

Bisnis kuliner unik yang satu ini cukup inovatif sekali karena diolah dari bahan yang berbeda dari makanan serupa yang sejenis. Makanan yang satu ini merupakan olahan dari bahan sayuran labu kuning dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan unik yang patut untuk dicoba. Bukan hanya karena rasanya yang enak namun karena diolah dari bahan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Itulah alasan mengapa makanan ini sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Penasaran makanan apa yang akan dibahas kali ini? Untuk makanan kali ini merupakan inovasi baru dari bakpau. Selama ini kita mengetahui bakpau dari bahan tepung terigu. Kali ini olahan bakpau ini dibuat dari bahan labu kuning. Kini makanan ini disebut dengan bakpia labu kuning.

Labu kuning sendiri belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. Biasanya labu kuning ini hanya diolah menjadi bahan makanan untuk sayuran, kolak atau diolah menjadi mie kuning. Kini labu kuning banyak diolah menjadi berbagai macam kuliner yang unik dan juga tak kalah menarik dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Penasaran bagaimana cara membuatnya dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk mengolah bahan labu kuning ini? Simak resep berikut ini.

Resep Bisnis Kuliner Unik Bakpau Labu Kuning

Bahan Bakpau :

  • Tepung terigu 500 gram
  • Labu kuning 200 gram
  • Ragi instant 6 gram
  • Mentega 30 gram
  • Putih telur 1 butir
  • Air dingin 80 ml
  • Gula pasir 90 gram
  • Garam 1/4 sdt

Bahan Isian Bakpau  :

  • Ayam cincang 250 gram
  • Bawang putih 1 siung
  • Daun bawang 1 batang
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula  secukupnya
  • Saus tiram 1/2 sdm
  • Kecap ikan 1/2 sdm
  • Tepung maizena 1 sdm
  • Kecap manis 2 sdm
  • Air mineral 2 sdm

Cara Pembuatan Isian :

  1. Pertama-tama cuci semua bahan dan kemudian potong-potong. Lalu haluskan bumbu bawang putih.
  2. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bahan yang dihaluskan tadi. Masukkan ayam cincang, masak hingga warna kecoklatan kemudian tambahkan sedikit air.
  3. Setelah itu masukkan daun bawang, saus tiram, merica, gula, garam, kecap ikan, kecap manis dan tepung maizena. Aduk-aduk semua bumbu sampai merata.
  4. Setelah dirasa matang koreksi rasa jika yang kurang tambah sesuai selera. Dan kemudian angkat, tiriskan.

Cara Pembuatan Bakpau :

  1. Pertama kupas kulit labu kuning dan kemudian cuci bersih. Lalu kemudian potong-potong dan kukus hingga matang.
  2. Selanjutnya haluskan labu kuning sampai benar-benar halus. Kemudian masukkan tepung terigu dan aduk-aduk hingga merata. Lalu masukkan telur ayam, mentega, ragi, gula pasir dan garam. Lanjutkan mengaduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Setelah semua tercampur rata masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan terasa lengket dan cukup kelembabannya maka cukupkan airnya. Kemudian aduk lagi dan uleni hingga kalis setelah itu diamkan selama 30 menit.
  4. Setelah itu kempeskan adonan yang sudah mengembang dan bagi adonan menjadi 2 bagian. Per bagian 50 gram dan diamkan adonan kembali selama 30 menit.
  5. Setelah mengembang gilas adonan dan isikan dengan ayam cincang kemudian tutup isian tersebut.
  6. Setelah itu letakkan diatas daun pisang atau kertas kue agar tidak lengket. Diamkan selama 15 menit.
  7. Sambil menunggu adonan mengembang panaskan kukusan untuk mengukus bakpau. Jangan lupa untuk ditutup kain agar air yang menguap tidak menetes pada bakpau nantinya.
  8. Kemudian masukkan adonan bakpau pada kukusan dan tunggu sampai 10 menit. Kemudian segera angkat jika sudah waktunya.
  9. Angkat dan tiriskan
  10. Bakpau labu kuning siap dihidangkan.

bisnis-bisnis-kuliner-unik-bakpau-labu

Analisa Bisnis Kuliner Unik Bakpau Labu Kuning

Peluang Bisnis

Peluang bisnis bakpau labu kuning ini merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan. Pasalnya makanan ini tidak hanya enak namun juga memiliki nilai gizi yang tinggi karena terbuat dari bahan labu kuning yang memiliki banyak manfaat. Pengemar makanan yang satu ini dari zaman dahulu sampai sekarang tak perah surut. Itu menjadi alasan mengapa bakpau ini dari dahulu sampai sekarang tetap menjadi idola dan tak pernah mati meski zaman telah berkembang.

Jika bakpau yang kita kenal biasanya berwarna putih dengan disajikan berbagai macam isian seperti coklat, keju, kacang hijau hingga daging ayam atau sapi. Dengan adanya inovasi terbaru bakpau labu kuning tersebut tentu menjadi peluang yang bagus untuk kamu tekuni. Sajian yang unik ini akan menjadi daya tarik yang cukup besar.

Prospek

Kuliner bakpau labu kuning ini memiliki prospek yang bagus untuk kedapannya. Seperti yang kita ketahui sekarang ini bisnis kuliner sedang naik daun. Kuliner baru yang unik dan menarik yang dikemas secara apik bisa menjadi trend.

Maka tidak menutup kemungkinan jika inovasi bakpau dari labu kuning ini juga memiliki daya tarik yang mampu menarik lebih banyak para penggemar bakpau. Tak perlu diragukan lagi jika peluang bisnis ini cukup prospektif karena makanan ini telah mengambil hati masyarakat sejak dulu.

Memulai Bisnis

Memulai menekuni bisnis yang satu ini tentu tidak sulit karena termasuk dalam bisnis dengan modal kecil. Dengan begitu untuk memulai bisnisnya bisa dijalankan dengan skala kecil industri rumahan.

Kecilnya modal usaha yang dibutuhkan karena bahan baku yang mudah dicari dan melimpah. Harga bahan baku yang diperlukan cukup terjangkau sehingga menjadi kelebihan dan kemudahan untuk menjadikan bisnis ini pilihan usaha.

Pelaku Bisnis

Pelaku bisnis usaha ini sangat terbuka luas karena berbagai kemudahan yang ada menjadikan siapapun bisa memulainya. Tanpa memerlukan keahlian khusus semua orang bisa menjalankan bisnis ini.

Inovasi baru bakpia labu kuning ini belum banyak yang mengetahui dan mengapilkasikanya, menjadikan pesaing kuliner ini masih relatif sedikit. Ini menjadi kekuatan tersendiri ketika kamu memilih menekuni bisnis kuliner yang satu ini.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk yang satu ini adalah dengan menggunakan sosial media. Teruslah lakukan penawaran di berbagai sosial media seperti instagram, wa, fb, telegram ataupun youtube. Memasang iklan bersponsor disemua media sosial.

Bisa juga kamu menawarkanya dengan menyebarkan brosur dan memasang pamflet. Agar produk yang kamu tawarkan lebih dikenal oleh masyarakat luas maka bergabunglah dengan layanan aplikasi gofood di gojek maupun grab. Dengan begitu jangkauanya lebih luas dan mudah untuk dipasarkan.

Strategi Promosi

Untuk membuat konsumen tertarik bukanlah hal yang mudah. Harus lebih kreatif dalam memasarkan dan mengenalkannya. Salah satu strategi promosi yang bisa kamu lakukan untuk mengenalkan kuliner yang satu ini adalah dengan memberikan diskon.

Bisa juga dengan memberikan voucher atau kupon pembelian kepada pelanggan untuk membuat mereka kembali lagi dan menjadi pelanggan setia. Namun untuk awal memulai usaha kamu bisa melakukanya dengan cara menawarkanya ke tetangga terdekat. Bisa pula kamu memawarkannya dari mulut ke mulut atau dengan menitipkan di warung dan toko terdekat.

Inovasi Menu

Agar pelanggan tidak bosan dengan menu yang ditawarkan teruslah berkarya dengan rajin membuat inovasi baru. Kamu bisa terus melakukan penambahan aneka isian pada bakpau. Inovasikan isian rasa dengan berbagai jenis rasa-rasa yang unik untuk menarik minat para pelanggan.

Kemasan Menarik

Jangan meremahkan soal kemasan. Kemasan bukan hanya sebagai pembungkus saja lho. Kemasan berperan sebagai pembungkus yang melindungi produk sekaligus sebagai salah satu strategi pemasaran produk. Dengan adanya kemasan produk menjadi lebih terlihat sempurna dan menarik.

 

Sumber gambar : https://www.picuki.com                 https://www.fimela.com



Source link

Categories: Peluang Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.