(024) 3561463/64 info@kadinjateng.com

Blibli dan Kementerian UKM Luncurkan UKM Hub


Blibli bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM menginisasi program KUKM Hub. Program ini bertujuan menjaga usaha KUKM agar tetap bergerak selama pandemi dengan pemanfaatan digitalisasi. KUKM Hub akan tersedia di aplikasi Blibli.

“Blibli percaya bahwa percepatan transformasi digital dapat membantu para pelaku UKM di Indonesia untuk mempertahankan usaha mereka dan bangkit di situasi yang cukup menantang saat ini,” ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli.

Blibli pun menyediakan kanal khusus yang diperuntukkan untuk KUKM Hub dan mengajak setiap pelaku UKM untuk bergabung di program ini.

Nantinya akan ada program khusus bagi para pelaku seperti pelatihan, promosi, pengiriman, serta akses ke webinar yang disediakan oleh e-commerce tersebut

Berdasarkan hasil pendataan oleh Kementeriaan Koperasi dan UKM, sebanyak 163 ribu UKM dan 1785 koperasi dilaporkan terdampak. Turunnya permintaan secara signifikan menjadi masalah utama dari aduan yang diterima.

“Pandemi ini mengubah pola konsumsi masyarakat dari offline ke online. Pemenuhan kebutuhan yang awalnya dilakukan dengan cara konvensional bergeser ke digital. Adaptasi wajib dilakukan KUKM dan pemerintah bergerak sebagai akselerator,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Menurut Teten, era digitalisasi mendorong terjadinya sharing economy yang dapat meningkatkan peluang berbagai perilaku usaha, tidak terkecuali UKM. Terlebih, peluang Indonesia sebagai pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan digitalisasi secara menyeluruh.

Editor: Ramadhan Triwijanarko



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *