Harga kebutuhan pokok di Solo stabil jelang Natal

Harga kebutuhan pokok di Solo stabil jelang Natal

Harga kebutuhan pokok di Solo stabil jelang Natal

Solo (Antaranews Jateng) – Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Eva Yuliana, mengatakan harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kota Solo, Jawa Tengah, menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, tetap stabil.

"Kami bersama tim baik dari Dinas Perdagangan Provinsi Jateng, Dinas Perdagangan Kota Surakarta, perwakilan Bank Indonesia, Bulog, Polres setempat, dan lainnya telah melakukan pantauan harga-harga beberapa barang kebutuhan pokok di pasar tradisional, menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 ternyata masih stabil," kata Eva Yuliana usai melakukan pantauan harga di Pasar Nusukan Solo, Kamis.

Menurut Eva Yuliana, mamang ada beberapa harga yang menyesuaikan karena dampak cuaca seperti cabai di Pasar Nusukan Solo, sedikit ada bergerakan harga. Cabai pada musim hujan biaya di tingkat petani itu, meningkat, sehingga ada pergeseran harga. Hal ini, yang disebut harga pemakluman karena cuaca.

Namun, kata Eva yuliana, jika cuaca sudah kembali membaik, maka harga tentunya akan kembali normal. "Harga cabai ada kenaikan sekitar Rp1.000 per kg, menjadi Rp22.000 per kg," kata Eva.

Selain itu, lanjutnya, harga telur ayam di pasar tradisional di Solo cukup bagus dan terjangkau masyarakat, sedangkan para peternak juga tidak merasa risau seperti beberapa waktu lalu harga sempat jatuh.

"Harga daging di Pasar Tradisional Nusukan, dijumpai juga sangat stabil, dan tidak ada pergerakan harga yang signifikan menjelang Natal tahun ini," katanya.

Kondisi tersebut, kata dia, dapat dirasakan masyarakat semuanya, dan hasil koordinasi yang baik antara pemerintah, semua pemangku-pemangku kepentingan, dan semua pelaku usaha atau stakeholder di Jawa Tengah serta khususnya di Kota Solo ini.

"Kami berharap semuanya bisa tetap dijaga yang dilakukan ini, koordinasi persiapan menjelang Natal dan tahun baru, yang diperkirakan kebutuhan masyarakan akan barang kebutuhan pokok meningkat," katanya.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan distributor yang ada terutama Bulog dan BUMN yang penyedia bahan kebutuhan pokok. Seperti, Perusahaan Aneka Usaha (PAU) di Pedaringan Solo, dan pengusaha-pengusaha swasta lainnya.

Menurut dia, stok barang kebutuhan pokok menjelang Natal masih aman, dan dipastikan mampu mencukupi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan.

Harga bawang putih di Pasar Nusukan Solo, rata-rata dijual Rp20.000 per kg, bawang merag Rp25.000 per kg, telur Rp23.500 per kg, beras mulai Rp9.500 per hingga Rp13.000 per kg, daging ayam Rp32.000 per kg, daging sapi Rp110.000 per kg kualitas satu, Rp105.000 per kg kualitas dua, cabai rawit merah Rp22.000 per kg, cabai merah besar Rp22.000 per kg. 

Sumber Berita

Categories: News

Leave A Reply

Your email address will not be published.