Ide Bisnis Kuliner: Membuka Warung Makan Papeda Kuah Kuning Khas Papua


papeda-kuah-kuning

sumber gambar: MerahPutih

papeda-kuah-kuning

sumber gambar: MerahPutih

Sampai sekarang pemanfaatan Sagu di Indonesia dan Papua masih dalam bentuk pangan tradisional, misalnya dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok dalam bentuk Papeda. Selain itu juga dipakai dalam pembuatan kue-kue tepung Sagu misalnya Akusa atau aneka Kue Sagu lainnya.  Nah, apakah kamu sudah pernah dengar yang namanya papeda? Sudah pernah nyoba apa malah baru tahu sekarang banget? Ini waktunya kamu nambah wawasan dan bisa nih coba-coba di rumah bikin sendiri.

Kalau kamu mau mencoba membuat papeda, simak langkah-langkah sederhananya berikut ini ya. Sekarang kalau kamu mau makan papeda nggak perlu jauh jauh ke papua. Atau mungkin ada yang lagi hamil terus ngidam makan papeda? Coba bikin sendiri aja di rumah!

Resep Membuat Papeda Kuah Kuning

menggulung-papeda-dengan-sumpit

sumber gambar: farlys.com

Mengambil Papeda ini nggak biasa, bukan pakai sendok tapi sepasang sumpit. Sumpit dipegang dengan kedua tangan, diputar dengan cepat sehingga menghasilkan gulungan gulali papeda. Selanjutnya papeda dituangkan ke piring dan diberi kuah ikan kuning. Kalau kamu penasaran sama rasanya, papeda ini sebenarnya nggak berasa apa-apa, karena hanya terbuat dari tepung sagu murni. Makanya, biasanya ditambah kuah ikan kuning biar nendang.

Sudah nggak sabar mau tahu cara bikinnya? Sekarang, pertama-tama yang harus kamu persiapkan adalah bahan pembuatannya. Ini dia resep papeda hanya untuk kamu!

Bahan dasar papeda:

  • Tepung sagu 100 gr
  • Gula pasir ½ sdt
  • Garam ½ sdt
  • Air 1000 ml

Cara membuat papeda:

  1. Cairkan tepung sagu menggunakan air 300 ml (masukkan sedikit demi sedikit), setelah itu tambahkan gula pasir dan garam. Aduk sampai merata.
  2. Selanjutnya, sisa air direbus sampai mendidih.
  3. Tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam larutan tepung sagu.
  4. Aduk perlahan agar sagu matang secara merata dan berwarna bening. Selesai! Enak dimakan hangat.

Bahan dasar kuah papeda:

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 3 buah
  • Kunyit 2 cm
  • Jahe 2 cm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama serai dan daun salam hingga harum serta matang.
  2. Kemudian tuangkan air matang, dimasak sampai mendidih.
  3. Masukkan ikan, gula pasir, cabai rawit dan garam. Dimasak hingga ikan matang dan bumbu meresap.
  4. Sebelum diangkat, tambahkan air jeruk nipis dan daun kemangi. Aduk hingga merata.
  5. Hidangkan sebagai pelengkap Papeda.
  6. Papeda ikan kuah kuning siap dihidangkan.

Gimana? Bikinnya gampang banget kan? Pokoknya kalau udah dapat semua bahan, langsung praktek bikin aja! Apalagi kalau kamu mau bikin bisnis ini, sangat dianjurkan banget soalnya kamu bisa menghadirkan makanan khas papua langsung ke kotamu di mana pun kamu berada.

Tips Meningkatkan Nilai Tambah Produk Papeda Kuah Kuning 

Karena kamu sudah memastikan papedanya enak berdasarkan resep yang diberikan, sekarang kamu juga harus memperhatikan kemasan produk.

Selain itu dalam hal kemasan, untuk meningkatkan nilai jual sebaiknya dibuatkan kemasan yang unik dan transparan. Pilih gambar dan warna yang pas serta design yang mampu mengundang selera konsumen untuk membelinya. Kalau kamu butuh inspirasi kemasan bisa banget mampir melihat macam-macam jenis kemasan di diKemas.com, di situ adalah solusi bagi kamu yang mau menjalankan bisnis.

Untuk olahan papeda kuah kuning satu ini sih cocoknya pakai paper bowl soalnya berair dan hangat. Paper bowl yang bagian luarnya diberikan desain lucu itu bisa menarik perhatian konsumen lho!



Source link

Categories: Peluang Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.