Jangan Keburu Kasih Diskon! Pahami Dulu Hal Penting Berikut!


cover-jangan-keburu-kasih-diskon-pahami-dulu-hal-penting-berikut

Untuk menarik para pelanggan dan meningkatkan angka penjualan produk, banyak hal yang dilakukan oleh produsen salah satunya yaitu dengan memberikan diskon atau potongan harga kepada para pelanggan.

Tapi pernahkah anda berfikir, mengapa memberikan potongan harga lebih banyak dipilih sebagai metode meningkatkan penjualan dibandingkan dengan metode-metode lain? Apa keuntungan diskon untuk produsen? Bagaiamana anda bisa menjamin bahwa potongan harga yang anda berikan akan menguntugkan bisnis anda daripada melukainya?

Sebelum anda memberikan diskon produk anda untuk para konsumen ada baiknya anda memahami dulu apa kelebihan dan kekurangan memberikan potongan kepada konsumen berikut ini:

  1. Kelebihan Pemberian Diskon

Pelanggan Baru

new-customersDisadari atau tidak adanya diskon akan sangat menarik perhatian setiap orang. Bahkan jika awalnya seseorang tidak tertarik membeli sama sekali akan tertarik untuk membeli karena adanya potongan harga. Hal ini tentu akan banyak mendatangkan pelanggan-pelanggan baru. Sehingga tak jarang kita melihat banyak produsen yang memberikan banyak diskon saat launching produk-produk terbaru, tak lain tak bukan adalah untuk menarik minat beli para pembeli sekaligus mengenalkan produk baru mereka.

Mendapatkan Image yang Baik

diKemas - Kemasan Kopi

Ingin Kemasan Kopi Kamu Naik Kelas?

Bungkus Kopi Kamu Dengan Elegan! Kemasan Kopi, Lebih dari Sekedar Bungkus Kopi.

Mungkin tidak ada orang didunia ini yang tidak suka diberikan diskon. Pemberian potongan harga akan membuat pelanggan menjadi senang, dan akan menjadikan image bisnis anda menjadi baik dimata para pelanggan.

Loyalitas Pelanggan

loyalitas-pelangganMemberikan potongan harga kepada pelanggan juga akan meningkatkan tingkat loyalitas pelanggan kepada produk anda. Karena merasa dimanjakan, pelanggan akan kembali lagi untuk membeli produk yang anda jual.

Menjadi Prioritas

Tingkat loyalitas pelanggan yang baik kepada bisnis anda, akan membuat produk anda diprioritaskan oleh para pelanggan. Pelanggan akan menjadikan produk anda berada diurutan atas sebagai pilihan mereka. Berdasarkan penelitian the Max Planck Institute for Tax Law and Public Finance, pemberian potongan harga juga akan membuat produkmu tidak dibanding-bandigkan denga merek lain.

jangan-keburu-kasih-diskon-pahami-dulu-hal-penting-berikut

Jadi pemberian potongan harga akan sangat membantu bagi anda yang masih baru memulai bisnis. Anda tidak perlu terlalu khawatir produk anda diperbandingkan dengan produk-produk lain yang sudah terlebih dahulu ada dan sudah memiliki nama.

  1. Kekurangan dari Strategi Diskon

Memberikan potongan harga kepada pelanggan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan perhitungan yang sangat matang. Karena jika dilakukan secara serampangan, justru kekecewaan pelanggan dan kerugian yang akan anda dapatkan!. Jadi perhatikan resiko yang bisa anda terima.

Negative Thinking

Semua orang menyukai diskon, tapi tidak semuanya akan berprasangka baik akan hal tersebut!. Mungkin dari sebagian pelanggan yang bersuka-cita dengan potongan harga yang anda berikan, terdapat pelanggan yang justru berprasangka buruk dengan potongan harga yang anda berikan, seperti anda memberikan potongan karena produk berkualitas rendah, anda telah menaikkan harga terlebih dahulu sebelum melakukan diskon, dsb.

Resiko Kehilangan Keuntungan

resiko-kehilangan-keuntungan

Pemberian potongan harga, juga beresiko adanya kerugian yang didapatkan. Sehingga seperti dijelaskan diatas, pemberian potongan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan penuh perhitungan. Anda harus melakukan perhitungan terperinci berapa potongan yang sesuai, yang bisa anda berikan untuk produk anda. Nilai potongan harga yang anda berikan haruslah minim dari resiko kerugian.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai diskon, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Salam sukses!



Source link

Categories: Peluang Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.