Kadin Dukung Program Pemberdayaan Ekonomi Aisyiyah Jateng

Kadin Jateng mendukung program pemberdayaan ekonomi umat Aisyiyah. Demikian penegasan Ketua Umum Kukrit Suryo Wicaksono saat menerima kunjungan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah dan Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jateng Eny Winaryati.

Eny didampingi Sekretaris Siti Aminah dan para pengurus diterima Kukrit beserta pengurus di Kantor Kadin Jateng Menara Suara Merdeka lantai IX Jalan Pandanaran 30 Semarang, kemarin.

Kukrit menuturkan Kadin Jateng memiliki jaringan kuat serta mempunyai beberapa asosiasi usaha dengan segala potensinya.

Asosiasi usaha memiliki sumber daya manusia (SDM) yang bisa diajak kerja sama untuk mengembangkan potensi ekonomi umat Muhammadiyah dan Aisyiyah Jateng. “Kadin Jateng mempunyai SDM potensial. Jaringan kami juga kuat.

Kadin siap mendukung pengembangan pemberdayaan ekonomi umat Aisyiyah; bersama-sama memberikan motivasi, pelatihan, dan pemasaran,” jelas dia. Eny mengatakan, pihaknya membutuhkan peran serta Kadin Jateng untuk mengembangkan potensi ekonomi.

Pada 13-15 Juli mendatang Aisyiyah Jateng akan menyelenggarakan Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) I di Hotel Grasia. Dalam forum itu, Aisyiyah akan menandatangani nota kesepahaman menggandeng Kadin Jateng.

“Kerja sama itu diharapkan dapat menumbuhkan potensi ekonomi umat Aisyiyah. Kami mohon arahan dari Kadin untuk memberikan tambahan edukasi, motivasi, jejaring, dan pembinaan pelaku usaha anggota Aisyiyah,” ujar Eny.

Muspimwil nanti, lanjut dia, menitikberatkan pada pemberdayaan ekonomi perempuan. Ekonomi dan pemberdayaan perempuan menjadi ikon. Pihaknya juga akan menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng, BUMN, dan perbankan.

Menurut dia, selama ini penguatan ekonomi Aisyiyah belum terlembaga baik, sedangkan potensinya sangat bagus. Di antaranya, menghasilkan aneka produk olahan pangan, kerajinan tangan, dan busana, namun terkendala akses pemasaran.

“Kami berencana membuka toko ritel untuk menampung produk anggota Aisyiyah. Di Temanggung sudah ada satu toko diberi nama Qta (Qoriah, Toyibah, Aisyiyah). Diharapkan bisa meluas ke daerah lain,” tandas dia. 

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/92454/kadin-dukung-program-pemberdayaan-ekonomi-aisyiyah-jateng

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.