Kadin Tingkatkan Kompetensi SDM Pelaku Usaha

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang menjalin kerja sama dengan Universitas Queensland Australia untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

’’Kami berupaya mengangkat potensi Jateng baik itu pelaku usaha kecil maupun menengah untuk berani menembus jalur internasional,’’ kata Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara di sela-sela acara keakraban dengan Wali Kota Brisbane, Australia, Graham Quirk beserta delegasinya di restoran Good Fellas, Semarang, Senin (23/7) malam.

Kerja sama itu dilakukan setelah sebelumnya Kadin Kota Semarang bersinergi dengan Malaysia dan Timur Tengah. Arnaz menyebutkan, berbagai permasalahan yang saat ini dialami pelaku usaha juga terkait kompetensi SDM sehingga diharapkan dengan kerja sama itu bisa meningkatkan kemampuan para pelaku usaha.

Program Vokasi

’’Tentunya pada akhirnya bisa menguatkan daya saing pelaku usaha di level nasional dan internasional,’’ ungkap Arnaz. Direktur Universitas Queensland, Julian Wilson menyambut positif program kerja sama pengembangan itu.

University of Queensland selama ini berkomitmen untuk mengembangan kompetensi melalui program vokasi yang dirasa tepat dan sesuai untuk mengatasi permasalahan pengembangan SDM di masa mendatang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terbangun di antara kedua belah pihak. Selama 25 tahun sebagai sister city, Kota Semarang dan Brisbane berupaya saling memberikan nilai tambah dalam berbagai program yang sudah berjalan.

Tidak hanya soal perekonomian dan investasi saja, tetapi juga di sektor pendidikan di mana juga diberikan beasiswa bagi mahasiswa di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.