Keripik Kelapa Khas Lumajang, Keripik Go Internasional Nih!


buah-kelapa-untuk-keripik

sumber gambar: Unsplash.com/Nipanan Lifestyle

buah-kelapa-untuk-keripik

sumber gambar: Unsplash.com/Nipanan Lifestyle

Keripik kelapa di beberapa tempat pasti sudah familiar yah. Kalau kamu sendiri sudah pernah tahu eksistensi keripik kelapa belum nih? Kalau belum kebetulan banget kamu menemukan artikel ini. Di sini kita akan kupas serba-serbi kelapa sampai packaging kalau mau mulai bisnis ini. Kalau biasanya yang kita tahu kan kelapa diminum airnya seger banget tuh? Apalagi kelapa muda diminum siang-siang seger banget. Nah, apa jadinya kalau kelapa yang biasanya dagingnya dibikin jadi santan sekarang berubah jadi cemilan yang maknyus?

Sebelum masuk ke situ, kita kenalan dulu yuk sama manfaat dari buah kelapa itu sendiri bagi tubuh kita.

Khasiat Buah Kelapa Untuk Kesehatan

Sudah merupakan rahasia umum kalau kelapa sendiri bisa dimanfaatkan dari ujung hingga ujung tanamannya. Tapi yang paling kita tahu sering dimanfaatkan ya buahnya kalau untuk dikonsumi. Daging buah kelapa mengandung banyak kandungan nutrisi yang selain bagus untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Berikut ini manfaat daging buah kelapa untuk kesehatan, apa saja ya?

1. Dapat memperbaiki metabolisme tubuh

kelapa-bagus-untuk-metabolisme-tubuh

sumber gambar: Unsplash.com/Max Lakutin

Jadi kalau dilihat dari manfaat yang ini, daging kelapa juga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Daging kelapa sendiri mampu meningkatkan sistem metabolise dalam tubuh. Apabila metabolisme tubuh berfungsi dengan baik, maka seluruh organ tubuh juga akan berfungsi dengan baik.

2. Membuat tubuhmu jadi lebih berenergi

manfaat-kelapa-bikin-tubuh-berenergi

sumber gambar: Unsplash.com/Sebastien Gabriel

Daging kelapa memberikan cadangan energi untuk tubuh sehingga kinerja organ dalam tubuhmu juga akan baik. Kamu bisa melewati hari dengan penuh semangat dengan asupan energi dari kelapa. Mantap betul!

3. Membantu mengatasi masalah pencernaan

buah-kelapa-untuk-atasi-masalah-pencernaan

sumber gambar: Unsplash.com/Martha Dominguez de Gouveia

Daging buah kelapa kaya akan serat yang bagus banget untuk mengatasi masalah pencernaan misal susah BAB. Selain itu, bagus juga lho buat kamu yang lagi diet. Kandungan serat yang tinggi selain baik untuk pencernaan juga mampu memecah lemak dalam tubuh.

4. Kaya akan antioksidan yang bagus juga untuk kulit

kelapa-menyehatkan-kulit

sumber gambar: Unsplash.com/Sarah Comeau

Daging kelapa bisa bantu mengeluarkan racun dalam tubuh karena memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Tidak jarang, racun yang menengdap di tubuh menyebabkan perut menjadi kembung dan itu sangat nggak nyaman kan?

5. Menjaga tubuh supaya tidak kekurangan air

kelapa-cocok-untuk-program-diet

sumber gambar: Unsplash.com/Alonso Navarro

Supaya tubuh tetap dari dehidrasi sehingga tubuh nggak lemas dan lesu menjadi salah satu manfaat daging kelapa. Daging kelapa memang dikenal dapat bantu menghindarasi tubuh. Bukan cuman itu saja, jika mengonsumsi daging kelapa secara rutin juga bisa bantu turunkan kolesterol serta mencegah ragam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Wow, keren juga ya manfaatnya buat tubuh kita? Itu pun baru manfaatt daging buahnya, belum air kelapanya. Ternyata yang tidak terduga juga bisa terkandung di dalamnya asal kita mau cari tahu ya.

Sekarang kita masuk ke resep bikin keripik kelapa yuk? Pasti udah pada penasaran kan.

Resep Keripik Kelapa Wuenak

Penasaran bagaimana cara bikinnya? Nggak usah penasaran lagi karena sebentar lagi kamu akan tahu cara bikinnya.

Bahan yang diperlukan:

  1. Daging kelapa tua
  2. Gula setengah sendok (optional)

Cara membuat:

  1. Buang kulit daging kelapa ( kalau bisa beli yang sudah terkupas)
  2. Peel daging kelapa
  3. Aduk dengan gula (jika menggunakan gula)
  4. Letakkan di loyang menjadi satu lapis (boleh juga diletakkan di atasĀ baking paper supaya nggak menempel)
  5. Panggang menggunakan oven di 150 derajat celcius selama 40 menit (atau sampai kecoklatan). Lama memanggang biasanya sesuai dengan oven masing-masing.
  6. Setelah matang boleh diberi garam, perasa kentang goreng, atau bumbu apapun itu sesuai selera deh

Tips:

  • Saat meletakkan pada loyang untuk dipanggang, jangan terlalu menumpuk lapisan kelapanya, kalau perlu panggang dalam 2 atau 3 batch supaya terpanggang secara merata.
  • Lebih baik menggunakan oven dengan api atas-bawah.
  • Pada saat memanggang, sesekali dikeluarkan lalu digoyang-goyangkan supaya tidak menempel. Kalau mau tidak menempel, gunakan baking paper. Sudah deh!

Nah, itu tadi resep bikinnya. Perlu kesabaran dan keuletan buat dapat hasil terbaik pokoknya. Nah, ngomong-ngomong soal keripik kelapa yang go internasioal itu berita beneran lho. Beberapa pebisnis keripik kelapa di Lumajang belum bisa memenuhi permintaan nih karena kuantitas kelapa yang nggak banyak di daerah Lumajang. Dengan begitu, ini jelas bisa jadi peluang untuk siapapun khususnya yang dekat dengan sumber bahan baku keripik ini. Pokoknya bisa dijadikan peluang emas deh khususnya kamu yang berada dekat pantai atau daerah yang banyak ditumbuhi kelapa.

Oh iya, selain permasalahan pada keterbatasan bahan baku, seringkali yang jadi masalah adalah packaging yang kurang oke. Namanya udah go internasional, biar kelihatan kece di mata dunia tentu pebisnis perlu mengemasi produknya dengan baik. Nah, kemasan kayak apa yang cocok buat keripik kelapa ini ya?

Kemasan-Kemasan Yang Cocok Untuk Keripik Kelapa Biar Nggak Malu-Maluin Di Mata Dunia

standing-pouch-kombinasi

Sekarang sudah banyak sih jenis kemasan yang dipakai pebisnis keripik kelapa. Ada yang plastik polosan, plastik polosan dikasih stiker, dan juga sudah ada yang pakai standing pouch. Well, berhubung keripik ini udah go internasional, mengemas menggunakan kemasan standing pouch memang paling recommended.

Nggak melulu soal harga yang menjadi faktor pendorong konsumen melakukan pembelian. Tampilan kemasan produk yang cantik bisa jadi magnet yang cukup kuat untuk menarik minat calon konsumen. Apalagi saat ini trend kemasan produk semakin beragam, salah satunya seperti model kemasan stand pouch yang tampilannya paling mencuri perhatian konsumen.

Sebenarnya apa yang membuat kemasan stand pouch berhasil mencuri perhatian konsumen? Lebih praktis, tampilan desain kelihatan lebih kuat, bentuknya fleksibel, tersedia dalam berbagai ukuran, warnanya beragam, harganya cukup ekonomis, dan tampilannya lebih kekinian.

Berikut ini contoh-contoh standing pouch untuk beragam olahan yang cocok juga jadi kemasan keripik kelapamu. Mau pilih yang kayak apa nih?

Gimana? Keren keren dong model standing pouch-nya? Mau juga kan punya produk yang dikemas sedemikian kecenya? Nggak perlu bingung bagaimana biar bisa bikin kemasan sekeren ini karena kamu bisa minta tolong diKemas.com untuk mewujudkan mimpimu itu!

Kalau kamu punya bisnis, tinggal kasih tahu aja kamu ingin kemasan yang seperti apa, nanti kamu juga bisa konsultasi sama diKemas. Selain itu, diKemas.com juga akan bikinkan kamu desain buat kemasan secara gratis alias nggak bayar sama sekali. Gimana? Jangan ragu buat ngontak diKemas ya!

Jika ada keluhan atau pertanyaan silakan disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini ya…

 



Source link

Categories: Peluang Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.