Malaysia-Kadin Jajaki Kerja Sama

Kementerian Perdagangan Malaysia melakukan penjajakan kerja sama dengan Kadin Kota Semarang.

’’Kami berupaya menjalin kerja sama dan meningkatkan sinergi antara kedua belah pihak ini, yang akhirnya akan meningkatkan kualitas di bidang perdagangan dan industri untuk Indonesia dan Malaysia,’’ kata perwakilan Kedutaan Besar Malaysia, Naim Abdul Rahman di Hotel Dafam, Jumat (1/6).

Menurut dia, bidang industri dan properti optimistis akan mampu menarik minat pengusaha Semarang untuk berinvestasi di Malaysia. Pihaknya bisa mempromosikan berbagai produk UMKM dan fashion Kota Semarang ke negaranya. ’’Jadi kami bisa promosikan produk UMKM Semarang ke Malaysia. Kami tertarik untuk eksplorasi produk sabun berbahan baku kelapa sawit, karena di negara kami bahan tersebut melimpah,’’imbuhnya.

Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, Malaysia melirik kerja sama di bidang UMKM dan investasi. ’’Salah satu yang diminati adalah produk lokal berupa sabun berbahan baku kelapa sawit. Karena di Malaysia, kelapa sawit sangat melimpah, dan mereka bingung mau dibuat apa.’’

Pokok Bahasan

Arnaz menambahkan, beberapa bidang lain yang menjadi pokok bahasan yang bisa dikerjasamakan antara Kadin Kota Semarang dan pemerintah Malaysia di antaranya di bidang pangan, fashion dan bidang properti.’’Khusus properti mereka sebagai fasilitator atau mengenalkan. Mereka juga berperan sebagai agensi para pengusaha dari pemerintah, menawarkan peluang investasi tapi juga tidak menutup kemungkinan memperkenalkan bisnis kita,’’ ucap Arnaz.

Secara kualitas, papar dia, hasil produksi para pelaku UMKM di Kota Semarang, lebih unggul ketimbang dari Malaysia. Namun, dari sisi pemasaran, mekanisme dan sistem serta pengemasan, Malaysia lebih unggul.

Ia berharap, peluang kerja sama tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM di Kota Semarang, sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa lebih dikenal luas. ’’Ini menjadi peluang yang sangat terbuka bagi UKM Indonesia, khususnya Kota Semarang memasuki pasar Malaysia. Kami membantu peran pemerintah dan teman-teman pengusaha mikro agar mereka bisa mendapatkan ruang mereka untuk bisa berpromosi,’’ ujar Arnaz.

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/91377/malaysia-kadin-jajaki-kerja-sama

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.