Pengusaha Tidak Perlu Khawatir Tahun Politik

Kerisauan pengusaha dengan adanya tahun politik di tahun 2019 harus bisa disikapi dengan positif. CEO Lippo Group James Tjahaja Riady mengatakan adanya tahun politik di Indonesia memang bisa membawa pengaruh positif maupun negatif, tetapi menurutnya sebagai pengusaha harus tetap berfikiran positif dan optimis untuk terus berkerja dan berkarya.

“Ekonomi dunia yang anjlok sekarang sudah baik lagi. Memang di jangka pendek banyak tantangan yang harus dilewati, sebagai pengusaha harus terus bergerak dan konsisten,” katanya saat menjadi pembicara dalam Business Sharing Dengan Tema Tren Ekonomi di Tahun Politik yang diselenggarakan Kadin Jawa Tengah di Hotel Gumaya Semarang, Selasa (4/9).

Adanya kecemasan prediksi akan terulangnya krisis ekonomi 10 tahunan memang tidak bisa dipungkiri dari benak para pengusaha. Menurutnya krisis ekonomi 1998 lebih ke multi dimensi sedangkan sekarang lebih ke ekonomi sehingga pengusaha harus dituntut sangat jeli dalam memanfaatkan peluang dan kesempatan.

James menjelaskan pengusaha harus bisa mensiasati jika akan terjadi gonjang-ganjing perekonomian dengan langkah-langkah positif.  Karena kunci keberhasilan pengusaha adalah disiplin, disiplin dalam perencanaan dan disiplin menjalankan perencanaan.

Sekarang ini masyarakat hidup di era yang menarik karena adanya era globalisasi dan ekonomi digital. Keampuhan teknologi mendulang sukses mengintegrasi tradisi perdagangan yang bersifat abstraksi menjadi menembus ruang dan waktu.  “Sekarang ini teknologi internet juga sudah memajukan hak demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Globalisasi juga telah memajukan pengembangan ekonomi,” jelasnya.

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW menambahkan dengan adanya berbagi ilmu dan pengalaman dari pengusaha bertaraf internasional ini bisa menjadi pemicu dan semangat bagi pengusaha di Jawa Tengah untuk terus optimis dan konsisten dalam menjalankan usahanya. “Bagaimanapun dunia usaha ini dinamis, yang terpenting kita semua bersinergi menjadi part the soulution,” ucapnya.

Categories: Kabar Kadin

Leave A Reply

Your email address will not be published.