Saking Berisiknya, Kue Nikmat Ini Terdengar Dari Jarak Ratusan Meter!


jajanan pasarJika berbicara mengenai  jajanan tradisional tentu kita tak bisa meninggalkan kue mungil berwarna hijau nan berisik satu ini. Berisik?. Yup! Kue ini berisik banget dalam proses pembuatannya. Udah tau kue apa yang mimin maksud?. Betul, kue tersebut adalah kue puthu. Tahukah kamu jika kue ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda?. Yuk simak cerita kue nikmat ini!. Pelajari juga cara membuatnya serta peluang bisnis puthu berikut.

Diantara deretan jajanan tradisional Indonesia, tentu nama putu bukan lagi nama yang asing. Karena kue satu ini memang sudah banyak dikenal secara luas dan mungkin hampir semua mayarakat pernah mencicipi bagaimana lezatnya kue ini.

Kue hijau mungil ini merupakan salah satu kue basah dalam jajanan pasar Indonesia. Bahan dasarnya adalah tepung beras berisi gula jawa, kemudian dimasak dalam tabung bambu padat. Ketika dihidangkan, ada taburan parutan kelapa yang menambah kelezatan puthu.

kue puthuKue putu sudah menjadi makanan tradisional sejak lama, bahkan sejak pemerintah Belanda masih menjajah di negara kita. Konon, pada masa itu, kue mungil ini disebut juga sebagai Putu Belanda. Biasanya penjual kue putu baru berjualan ketika sore hari.

Biasanya, dalam proses memasak kue putu biasanya mengeluarkan suara keras yang khas. Suaranya seperti siulan yang tak henti. Suara itu berasal dari uap kue putu yang melewati celah kecil cetakan kue yang terbuat dari bambu. Jadi, ketika suara khas ini mulai terdengar, dapat dipastikan bahwa pedagang kue putu berada tak jauh dari tempatmu.

Jika kita melihat proses memasak kue putu yang dilakukan oleh sang pedagang, proses pembuatannya terkesan sangat susah dan ribet. Namun sebenarnya gak juga loh!. Berikut mimin bagi resep mudah membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 800 gram tepung beras
  • secukupnya air
  • 6 lembar daun pandan
  • secukupnya garam
  • 250 gram gula merah, sisir terlebih dahulu
  • secukupnya parutan kelapa, kukus terlebih dahuluproses pembuatan puthu

Cara membuat:

  • Campur air dengan garam dan daun pandan. Rebus sampai mendidih, angkat, biarkan agar menjadi hangat.
  • Siapkan tepung beras pada sebuah wadah, kemudian masukan air pandan tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan hingga merata
  • Saring adonan sedikit demi sedikit menggunakan saringan kasar hingga adonan menjadi halus.
  • Masukkan adonan kedalam cetakan bambu. Alasi potongan bambu dengan potongan daun pisang atau daun pandan.
  • Lubangi bagian tengah adonan kemudian masukkan gula jawa secukupnya. Kemudian tutupi sisanya dengan adonan tepung beras hingga cukup penuh, ratakan
  • Siapkan panci pengukus, kemudian letakan cetakan yang sudah berisi adonan putu dengan posisi berdiri. Usahakan tepat berada di atas lubang kukusan.
  • Kukus sekitar 10 menit, angkat dan keluarkan kue dari cetakan.

Bagaimana? Gak terlalu susah kan?. Siapapun bisa membuatnya. Lalu, bagaimana dengan peluang bisnis kue puthu ini?. Jangan dianggap remeh dulu ya!.

puthu zaman nowPada umumnya, kue puthu dijual keliling dengan menggunakan kendaraan. Seiring dengan Perkembangan jaman saat kini kue putu tidak perlu lagi dijual dengan berkeliling menggunakan sepeda, tapi sudah dijual pada cafe – cafe atau cake shop yang menyajikan kue putu.

Kue putu cocok dihidangkan dengan berbagai aneka minuman seperti kopi, teh, susu dan aneka minuman lainnya. Kue putu juga cocok dijual secara menetap di sebuah kedai pinggir jalan. Bahkan ada sebuah perusahaan yang menjadikan kue putu sebagai sebuah usaha waralaba.

Kamupun bisa menggunakan inovasi-inovasi rasa untuk kue puthu ini. Misalnya dengan membuat rasa coklat, rasa, keju, strawberry, blueberry dan rasa-rasa yang lain. tidak ada batasan untuk kamu yang ingin berkreatifitas dengan menciptakan varian dan rasa baru, hal ini justru akan sangat baik karena akan menjadikan kue putu buatanmu berbeda dari yang lainnya. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

SHARE YUK!



Source link

Categories: Peluang Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.