Cilacap (ANTARA) – Perseroan Terbatas Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui program Semen Indonesia Group Peduli dengan didukung anak perusahaannya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menyalurkan bantuan senilai Rp700 juta untuk mendukung berbagai pembangunan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Bantuan CSR perusahaan kami salurkan kepada masyarakat dengan harapan ini menjadi bagian dari program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi COVID-19," kata General Manager of CSR SIG Edy Saraya di Banyumas, Rabu.

Selain untuk Banyumas, kata dia, perusahaan BUMN itu juga menyalurkan bantuan senilai Rp1,63 miliar untuk Kabupaten Cilacap, sehingga total bantuan yang disalurkan melalui program SIG Peduli Tahun 2021 mencapai Rp2,33 miliar.

Baca juga: Bantu pembangunan infrastruktur Cilacap, Semen Indonesia gelontorkan Rp1,63 miliar

Menurut dia, bantuan tersebut ditujukan untuk pembangunan drainase, rabat beton sepanjang 140 meter, pengaspalan jalan sepanjang 530 meter, talut pencegah longsor, paving pondok pesantren, renovasi gedung dan alat kesenian gamelan Jawa untuk sejumlah wilayah di Banyumas maupun Cilacap.

"Bantuan sarana dan prasarana, terutama untuk membantu kelancaran roda ekonomi masyarakat di desa, tentu nanti akan ada pekerjaan dan menyerap tenaga kerja lokal. Di sisi lain, ini bentuk kepedulian kami untuk membantu masyarakat dalam membangun desanya agar lebih baik," katanya.

Edy mengatakan masyarakat setempat dilibatkan dalam semua pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa memiliki serta membantu membuka lapangan kerja.

Khusus untuk bantuan berupa alat kesenian gamelan, kata dia, hal itu ditujukan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian budaya dan kesenian Jawa.

"Pada Tahun 2020, SIG juga telah menyalurkan bantuan di Kabupaten Cilacap berupa pembangunan saluran air dan tanggul penahan longsor, pengaspalan jalan, serta bantuan pendidikan senilai Rp503 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi dan peningkatan pendidikan masyarakat di saat pandemi COVID-19," katanya.

Sementara untuk bantuan Tahun 2021, kata dia, sebagian proyek bantuan sudah dilaksanakan dan sebagian lainnya masih dalam tahap pengerjaan yang diharapkan pada awal Ramadhan sudah bisa diselesaikan secara keseluruhan sehingga membawa manfaat untuk masyarakat secara umum.

Kepala Desa Cindaga, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Sukirah, mengatakan bantuan yang diberikan SIG sangat tepat dan bermanfaat bagi warga desanya.

"Jalan adalah infrastruktur yang kami butuhkan saat ini. Dengan adanya pengaspalan, membuat jalan di tempat kami jadi lebih nyaman dan menyerap tenaga kerja," katanya. 

Baca juga: Semen Gresik berkomitmen turunkan angka kematian ibu dan bayi
Baca juga: SG pasok 214.000 sak semen untuk pembangunan Bendungan Tukul Pacitan