Siapa Sangka Jika Kue Lezat Ini Tercipta Dari Sebuah “Kesalahan”?!


brownies-coverDari sekian banyak kue yang pernah kamu coba, kira-kira kue apa yang menjadi favorit mu? Bagi kamu yang menggemari cokelat, tentu kamu juga akan menyukai kue brownies. Kue yang satu ini memang sangat nikmat dan menjadi favorit banyak orang dari semua kalangan. Nama ”brownies” diambil dari “the deep brown color of cookie”. Brownies punya ciri khas warna cokelat tua kehitaman.

Pernah penasaran gak bagaimana asal muasal bagaimana kue ini bisa tercipta?. Ternyata cerita bagaimana kue ini tercipta memiiki banyak versi loh. Ini beberapa versi cerita tersebut.

Cerita versi yang pertama tentang asal usul brownies, diceritakan konon awalnya ada seorang koki yang lupa memasukkan baking powder ke dalam adonan resep kue coklat. Sehingga setelah dipanggang, hasilnya  kue coklat tidak mengembang (bantat). Tekstur kue coklat yang seharusnya tebal, lembut, dan berpori2, menjadi agak padat dan basah. Inilah cikal bakal kue brownies yang kita temukan sekarang.

Cerita lain yang beredar tentang asal muasal kue coklat nan lezat ini, ada seorang pemuda pembuat kue yang sedang mengalami krisis keuangan. Dia mempunyai seorang teman yang setiap pagi akan menjualkan kue2 buatannya. Pada hari itu, pemuda berencana membuat kue coklat, dan dibelinyalah bahan2 untuk kue coklat. Semalaman ia berkutat untuk membuat kue coklat nan lezat seperti tertera dalam resep kue coklat itu. Dan baru selesai jam 4 pagi.

brownies-3

Tapi pemuda tersebut sangat kecewa dengan hasil akhir kue coklatnya yang berbeda hasilnya dengan yang disebutkan di dalam resep. Uangnya pun sudah habis untuk modal membuat kue lainnya. Teman si pemuda datang pagi-pagi seperti biasanya, dan dia mengira kue coklat bantat yang telah jadi, adalah kue untuk dijualnya hari itu.

Tanpa sepengetahuan pemuda, temannya tetap pergi menjual kue-kue tadi. Para pelanggan sangat surprise dengan kue coklat hari itu, mereka mengira kue tersebut adalah resep baru. Banyak yang memesan untuk keesokan harinya. Dan selamatlah pemuda tersebut dari kebangkrutan karena banyak yang memesan kuenya.

Selain dua cerita tersebut, masih ada versi-versi cerita yang lain, namun tidak mungkin jika dibahas satu persatu dalam artikel ini. Jadi kamu bisa mencari ceritanya sendiri ya!.

Banyak yang menilai jika kenikmatan kue brownies itu sangat kompleks. Hal ini membuat banyak pula yang berfikir jika membuat kue ini juga sangat kompleks dan ribet. Padahal gak terlalu ribet kok! Ini resep mudah membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 200 g. Ayak
  • Coklat batang 300 g
  • Coklat bubuk 75 g. Ayak
  • Susu segar 200 ml
  • Mentega 300 g
  • Telur ayam 6 butir
  • Gula pasir 250 g
  • Garam sdt
  • Baking powder 1 sdt

brownies-2Cara membuat:

  • Tim coklat batang dan mentega pada panci yang sama. Setelah leleh tambahkan garam. Aduk sampai rata.
  • Siapkan wadah untuk mengocok telur. Kocok telur dengan pasir hingga berbusa.
  • Masukkan coklat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan bersamaan dengan susu. Aduk sampai rata.
  • Kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.
  • Tuang adonan ke dalam 2 loyang. Sebelumnya olesi dulu loyang dengan mentega.
  • Kukus selama 20 menit atau sampai matang.
  • Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang dilelehkan lalu tumpuk.
  • Brownies siap disajikan

Sekarang brownies sudah dimodifikasi menjadi bermacam-macam rasa dengan penambahan bahan-bahan seperti keju, strawberry, blueberry, kacang, kopi, dan lain-lain. Juga cara pembuatannya yang sekarang tidak hanya dibakar atau dioven, tetapi juga bisa dikukus, bahkan ada brownies yang tidak perlu dimasak sama sekali, karena bahan-bahannya sudah siap makan, seperti wafer dan susu kental manis.

brownies-1Dilihat dari kacamata bisnis sendiri, kue ini termasuk kue yang memiliki prospek bisnis yang sangat baik. Hal ini terlihat dari masih sangat ramainya peminat dan permintaan akan kue ini. Kalau kamu sedang mencari ide bisnis kuliner, bisnis brownies ini bisa menjadi rekomendasi!.

Selain pembuatannya yang cukup mudah, pengemasan untuk mempercantik kue ini juga tidak ribet. Kamu bisa menggunakan cake box untuk menyempurnakan dan meningkatkan nilai jual kue ini. Mendapatkan kemasan cake box pun juga sangat mudah. Salah satu nya di diKemas.com yang menyediakan kemasan kue berkualitas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses!.

SHARE YUK!



Source link

Categories: Peluang Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.