(024) 3561463/64 info@kadinjateng.com

Usaha Kedai Kopi “Lohjinawi Coffee”, Mengusung Kopi Bernuansa Jawa


Daftar Isi

usaha-kedai-kopi-lohjinawi-coffee-mengusung-kopi-bernuansa-jawa

Dani Setiawan (Lampung), pengelola kedai kopi lohjinawi yang beralamat di Jl Yudhistira RT 09 RW 23 Panggungsari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman Yk. Kedai kopi Lohjinawai ini masih sangat terhitung baru. Berdirinya kedai kopi ini belum genap 1 tahun dan lebih tepatnya baru berjalan genap 10 bulan. Sebenenarnya Lohjinawai ini ada 2 manajemen yakni lohjinawai resto dengan Lohjinawai kopi. Sedangkan untuk manajemennya jelas terpisah antara Lohjinawi resto dengan manajeman kopi.

Usaha Kedai Kopi “Lohjinawi Coffee”

Konsep Lohjinawai Kopi

Konsep yang diusung oleh lohjinawi kopi memiliki konsep nuansa jawa yang mengedepankan suasana nyaman. Dengan menghadirkan suasana asri jawa dengan kenyamananya tentunya itu yang dicari pelanggan yang menyukai nuansa ala jawa, dengan view yang luas, nyaman, tidak tertutup dan benar – benar merasakan nuansa menyatu dengan alam. Sehingga mendukung sekali bagi para pelanggan untuk berfoto.

Kendala Yang Di Hadapi

Tidak ada usaha yang tak ada kendala, tak terkecuali usaha kedai kopi ini. Artinya harus bisa meminimalisir persoalan – persoalan yang ada. Persoalan yang dihadapi masalah lokasi. Sedangkan dalam berbisnis itu harus memperhatikan 4P yakni, Product, Price, Promotion dan Place. Nah yang ketiga semuanya sudah dipunyai namun untuk lokasi masih terkendala karena lokasi masih di daerah Sleman utara atas yang terpencil. Sasaran market adalah anak muda milenial dan para orang tua.

Namun keberaan para anak muda tersebut berada di daerah bawah atau kota. Artinya harus ada yang menarik mereka agar tertarik mendatangi kedai kopi ini. Nah strategi pemasaran yang harus dilakukan adalah dengan terus melakukan promosi. Untuk saat ini kegiatan promosi – promosi ini yang sedang gencar dilakukan.

Sedangkan dunia marketing online ini sangat dibutuhkan di era modern ini. Salah satu cara yang dilakukanya adalah dengan kerjasama dengan beberapa youtuber yang mana mengajak dan mendatangkan food vloger, selebgram dan foodgram untuk membantu mempromosikan. Ia juga mengaku mengaet manajemen band yang bernama guyuprukunofficial untuk bekerjasama dengan membuat videoklip dengan lokasi di lohjinawi kopi. Nah itu salah satu cara – acara yang dilakukan untuk mempromosikan dan menarik para pelanggan.

Produk Yang Ditawarkan

Untuk produk yang ditawarkan, disini ada produk yang tidak bisa ditemukan ditempat lain. Jadi begini, ini adalah lohjinawai kopi. Jika biasanya ditempat lain komposisinya kopi susu gula aren yang sedang hits. Nah kalo di sini ekspreso, freshmilk dicampur gula aren dan tiramisu.

Ditempat lain dipastikan tidak ada karena sang pengelola menegaskan bahwa ia belum menemukan rasikan seperti ini ditempat lain. Ini yang menjadi pembeda kopi di lohjinawi dibandingkan dengan tempat lain. Ini merupakan salah satu menu andalan yang ditawarkan disini. Pada awalnya beberapa penggunjung hanya mencoba menu yang satu ini namun lama – lama ketagihan.

Penjualan Online dan Offline

Promosi yang dilakukan ini tidak hanya secara offline saja namun juga menggunakan cara online. Lohjinawai kopi juga sudah bisa ditemukan di gofood dan grabfood. Dari beberapa strategi pemasaran yang dilakukanya kini ia juga memiliki trik khusus untuk membuat para pelanggan tertarik untuk membeli.

Target pasar yang ia bidik adalah para anak muda milenial, mahasiswa. Agar tepat sasaran ia pun menyiapkan berbagai promo khusus untuk anak muda atau mahasiswa, yang mana mahasiswa menyukai hal yang murah, bisa nongkrong berjam – jam dan yang terpenting ada wifi kenceng itulah yang mereka support. Untuk program kedepanya ia akan mengendeng para anak band untuk perfomance akustikan di Lohjinawi kopi dan nonton bareng.

Beberapa startegi pemasaran yang dilakukanya pun cukup banyak, tidak sampai disitu saja. Pak Dani juga bergabung dengan beberapa komunitas untuk menjalin kerjasama dan untuk melebarkan sayap mencari mitra yang bisa diajak kerjasama. Tidak hanya mengandeng para komunitas band anak muda ia pun juga mengandeng komunitas bola, komunitas mobil dan juga motor.

Evaluasi Manajemen

Untuk orang yang baru datang pertama kali kesini pasti ada beberapa evaluasi dari manajemen. Nah sejauh ini evaluasi apa yang dilakukan untuk manajemen?
Evaluasi manajeman, mengevaluasi secara berkala dengan kotak saran dan melalui dm atau komen instagram untuk komunikasi. Jika ada komentar dan keluhan ynag disampaikan langsung dari pelanggan maka dari pihak manajemen lohjinawai kopi langsung turun tangan memberikan solusi.

Keunggulan Produk

Pembeda dengan kopi lain, yakni dari segi lokasi, view, instagramable. Ini jarang ada ditempat lain, mungkin jarang ada kedai kopi yang menyuguhkan susana jawa otentik dengan view yang sangat asri dan halaman yang sangat luas sehingga mampu menampung 300 customer.

Keunggulan dari lohjinawai kopi ini juga karena adanya resto lohjinawai yang turut membantu meramaikan karena seringnya adanya bookingan dari beberapa instansi pemerintah, universitas, dosen, rektor maupun mahasiswa untuk berbagai acara. Sehingga ia pun menggaet dan bekerjasama apabila suatu saat ada acara atau event bisa dilakukan di Lohjinawi. Penunjang Lohjinawai ini tidak hanya menjual kopi saja tapi juga beberapa aneka makanan.

Sedangkan untuk menunya sendiri ada cateringnya, ada yang khusus bertanggung jawab pada bagian menu yang mana sudah berkecimpung di dunia kuliner 20 tahun dalam makanan khas jawa. Makanan jawa ini pun akhirnya diangkat. Menu yang ditawarkan pun tak kalah menarik yakni menu mangut lele, ikan pe dan masih banyak lagi yang disajikan dalam konsep jawa dengan menggunakan gerabah.

Varian Kopi di Lohjinawi Kopi

“Varian kopi yang disedikan di Lohjinawai kopi ini dari sabang sampai pelaminan” katanya. Artinya segala jenis kopi yang ada di nusantara disediakan di kedai kopi ini. Salah satunya ada dari Papua, Flores, Bali, Jawa, Cikalang, Lampung, Temanggung untuk robusta dan ini bisa tergantung dari permintaan dari pelanggan. Sekarang ini pelanggan tak perlu di edukasi mereka sudah tahu kopi apa yang mereka inginkan misalnya saja kopi arabica gayo, toraja, kopi tubruk.

Berbeda dengan 15 tahun kebelakang dulu, orang tidak tahu perbedaan antara kopi arabica dan robusta. Namun anak muda jaman sekarang lebih tahu nikmatnya dan bedanya antara kopi instant dibandingkan dengan kopi biji asli gilingan. Kenapa harus memilih kopi giling dan kenapa harganya lebih mahal dibandingkan dengan kopi instant? Perbedaanya tentu karena kopi giling terbuat dari biji kopi pilihan dengan kualitas terbaik yang dipasok langsung dari petani kopi itu sendiri.

Untuk customer yang tidak suka kopi, tak perlu khawatir karena di Lohjinawi kopi ini disediakan minuman lain selain kopi seperti, thai tea, green tea, milkshake, moccachino, machiatto (tiramishu), cappucino.

Pemasaran Yang Dilakukan

Strategi pemasaran yang dilakukanya selama ini tidak hanya online namun juga offline seperti sebar brosur, leaflet masuk kampus. Cara ini sebagai mediasi untuk mereka yang tidak selalu online dan bermain gadget. Untuk online lohjinawai bekerjasama dengan grabfood goofood, kerjasama dengan WO dan EO untuk menjalin kerjasama dan promosi guna menarik pelanggan.

Promosi

Menu bestseller di Lohjinawai kopi ini yakni kopi susu, yang mana sedang gencar – gencarnya ,melakukan promosi di gofood. Tak mau ketinggalan ia juga mengaku selalu ikuti perkembangan teknologi dan cara memasarkan yang paling efektif. Untuk saat ini ia sedang gencar mempromosikan program 39rb kopi susu 3 dan kentang 2.

Pentingnya Kemasan

Usaha kedai kopi Lohjinawai ini tentu sangat terbantu dengan adanya kemasan. Sehingga ia memilih untuk packing harus mengikuti perkembangan pasar, maka usahakan untuk fleksibel. Menurut pengakuanya ia punya prinsip untuk tidak mengedepankan pemikiran yang idealis, dimana berbisnis harus begini dan begitu.
Pada intinya sekarang ini para pelanggan mencari tempat nongkrong yang bisa untuk di foto, selfie, instagramable, tempat oke, asik, view menarik. Kalaupun take away usahakan agar desain kemasan menarik, kekinian dan ada quote maka dengan begitu akan lebih menarik.

Misalnya saja quote yang diusung oleh Lohjinawai kopi ini ” Kopi aja dibikin enak apalagi kamu”, jadi dengan adanya ini orang diajak untuk berfikir dan penasaran. Dan rasa penasaran tersebut yang akan membuat orang membeli produknya.
Ia mengaku sejak kehadiran kemasan cup yang digunakan sampai saat ini penjualanya mengalami kenaikan omzet. Karena apa? Karena ia mengikuti perkembangan pasar yang ada dengan mengikuti trend cup kekinian.

Kunci Sukses Usaha Kedai Kopi

Penjualan secara kovensional segera tinggalkan, dan berbisnis dengan bermanin marketing online. Buat sesuatu itu semanarik mungkin, lihat pasar maunya bagaimana, market pengenya pake apa. Nah kalo menurut pengelola Lohinawai kopi ini kemasan merupakan hal yang sangat penting, desain yang kekinian dengan quote – quote menarik akan sangat membantu menaikkan penjualan. Maka pentingnya mendengarkan permintaan dan trend pasar sangat dibutuhkan. Apabila ada kata – kata yang menarik di foto dan di tag di repost tentunya media promosi yang sangat bagus.

 

Terakhir, buat temen - temen yang mau dateng e Lohjinawi kopi diperbolehkan banget, sekarang ini juga sedang ada promo pembelian 39 ribu dapet 3 cup kopi susu dan 2 kentang.  Kalian bisa ajakin temen buat ngerjain tugas, nongkrong bareng, kongkow sampai malam. Disini  buka dari jam 16.00 - 24.00 (Dani Setiawan, Lampung). Nah ini adalah salah satu klien dari diKemas.com (usaha di bidang creative packaging). Kalo kamu juga tertarik usahamu diliput juga seperti ini, kamu bisa tinggalkan komentar, ya! Thankyouu. .



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *